Monday, November 17, 2014

Hijab is My Identity

Assalamualaikum :))

HELLO!

Siang ini daku mau ngepost yang agak-agak bermutu yee, gak cuma sebatas share pengalaman perasaan curcol gajelas kayak biasanya hihiw :3 Mungkin yang ada di pikiran dikau, daku abis kesambet apaan gitu ngepost ginian yaa hahha, mungkin daku lelah...

 Daku lagi nggak kesambet dan nggak lagi lelah, emang mau nge-share tentang pengalaman sama ilmu yang daku dapet ^^
Oke, selesai yaa prolognya

Jadi, apa sebenarnya hijab itu?
Kalo secara bahasa, hijab itu artinya pembatas atau sesuatu yang menutupi/melindungi. Hijab itu menutupi, menutupi diri kita, menutupi tubuh kita. Hijab itu melindungi, melindungi kita dari hal-hal yang buruk yang tidak diinginkan. Jadi, hijab itu sebagai penutup dan pelindung diri kita, bukan sekedar membungkus :))

Daku ngutip kata-kata dari sinetron tentang jilbab yang ditayangin di RCTI karya Bunda Asma Nadia (maap ini bukan niat promosi yaa, dan harap maklum aja soal sinetron ini hhe :3) jadi kata salah satu pemeran sinetron itu gini "Perintah hijab itu langsung loh dari Allah"
Nah, kalo perintahnya langsung dari Allah, berarti hukumnya wajib kan? Ada kok di Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 59 yang artinya
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Nah, kenapa hijab itu diwajibkan? Seperti firman Allah di atas, biar kita, muslimah, dapat lebih dikenal. Soal yang satu ini daku udah ngalamin sendiri nih. Jadi daku punya temen, dia muslim tapi belum berhijab. Pas itu ada yang nanyain ke dia "kamu muslim bukan?" dan dia jawab "ya, aku muslim". Nggak tau kenapa abis itu daku langsung mikir, coba deh kalo dia pake hijab pasti orang nggak perlu repot-repot nanyain dia muslim ato bukan dan dia juga nggak perlu jelasin ke orang-orang kalo dia muslim, ya kan? Yaa mungkin muslimah yang belum berhijab nggak keberatan buat jelasin ke orang-orang kalo dia muslim, tapi kalo dia berhijab bukannya lebih mudah? :))
Maka dari itu kenapa judul di atas "Hijab is My Identity"

Oya, seperti firman Allah di atas juga, hijab itu sebagai pelindung. Tau kan arti pelindung disini? Yahh mungkin bisa dikaitin sama hal-hal kurang baik yang sering ada di berita, atau di sekitar kita juga sebenernya nggak jarang, ya kan?

Tapi, hijab juga ada syaratnya
  • Harus menutup seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangan. Jadi, kerudung itu nggak sekedar nutupin kepala/rambut aja tapi dijulurkan sampe nutupin dada. Tau kan kenapa? :))
  • Bukan sebagai perhiasan dan bukan buat popularitas. Jadi bukan cuma karena ingin cantik dan populer trus dikau pake hijab, tanpa hijab juga banyak yang cantik dan populer kok. Tapi percaya deh, muslimah itu lebih cantik pake hijab :)) kayak daku niih hahha <-- skip aja nih
  • Hijabnya dari kain yang tebel dan nggak transparan. Lah kan kalo transparan, rambut ato anggota badan kita yang lain bisa diterawang, ngapain pake hijab? Ngapain hijab diwajibin? Kan hijab itu penutup, bukan pembungkus, oke?
  • Hijab itu longgar, nggak ketat dan nggak membentuk. Kalo ketat, membentuk, ya sama aja keliatan, ya kan? hhehe
  • Nggak dikasih wangi-wangian. Bukannya nggak boleh, boleh kok asal nggak banyak aja sampe baunya kecium dari radius 1km (hhe lebay si--") yaa pokonya jangan sampe kecium dan menggoda gitu. Soalnya kalo sampe kecium sama laki-laki yang bukan mahram itu sama aja kayak zina dan zina itu dilaknat Allah. Jadi mending parfum yang secukupnya aja laah, biar irit juga kan? hhehe (apaansi rik --")
  • Nggak nyamain pakaian laki-laki. Kan perempuan, masa mau dibilang kita kayak laki-laki? Ya ada sih beberapa yang malah seneng dibilang kayak laki-laki, tapi itu kan dah dilarang langsung sama Allah, ya kan?
  • Nggak kayak pakaian wanita kafir. Yaa tau kan kayak apa? Kalo nggak tau cari aja di google, astagfirullah eh jangan deh ntar zina mata lagi -.- yaa pokonya baju-baju yang kayak gitu lah, hhaha :D
Yap, alhamdulillah udah selesai yang mau bagiin hari ini. Segitu aja sih. Daku nggak niat mau ngajarin, nggak niat sok tau ato apa. Daku juga masih harus banyak belajar, daku juga masih belum maksimal soal ini. Ini juga daku dapet dari orang lain. Tapi daku juga ngalamin sekali-sekali. Banyak banget manfaat yang daku dapet dari hijab ini :)

Hmm, cerita dikit juga dari daku nih, jadi dulu mama itu pernah cerita, pas mama hamil daku kata mama papa berdoa biar dikasih anak perempuan, alasannya papa pengen liat anaknya pake jilbab :)
Dari kecil daku kalo keluar rumah udah pake jilbab, dari bayi looh bayangin deh betapa imutnya daku dalam wujud bayi trus dipakein jilbab gitu pasti gemesyin ya kaan :3 hahhayy
Dan itu terus sampe daku mulai gede daku udah terbiasa keluar rumah pake jilbab, sampe pernah pas daku terpaksa gak pake jilbab itu rasanya gimana gitu aneh pokonya. Alhamdulillah jilbabnya masih sampe sekarang, doain yaa semoga istiqomah sampe akhir, amin. Semoga juga dikau yang baca ini, yang berhijab makin yakin & istiqomah sama hijabnya, dan yang belum semoga dapet hidayah segera berhijab. Inget yaa, "perintah hijab itu langsung loh dari Allah" :)

No comments:

Post a Comment