Saturday, March 26, 2016

De Gustibus Non Est Disputandum

Assalamualaikuuuum...
ALOHAAAA!! Annyeong!! Konnichiwa!! Da jia hao!! HELLOOW!!
Lama banget ga nulis yaampun:" astagfirullah.. Bahkan 2 bulan gaada post satupun. Paraah-_____- ya maklum lah lagi sibuk gitu emang, jadi ya gitu lah hahahah *abaikan*


Oke, udahan ya prolog lalala yeyeye nya. Waktunya nulis. Sebenernya ini idenya udah ada dari jaman kapan tau, niatnya udah mo ditulis dari kemareeen tapi baru kesampean sekarang. haft.

------------------------------------------------------------------------------

Dulu pas belajar filsafat, dosennya pernah ngasih quotes yang bunyinya "De gustibus non est disputandum" yang entah ini bahasa apa daku gatau heheu pokonya artinya "Masalah selera itu tidak bisa diperdebatkan". Nah, kalo dipikir-pikir ini kalimat bener banget, ya nggak? Emang yang namanya selera itu ngga bisa didebatin dan kalopun didebatin gabakal ada endingnya. Aku suka ini, kamu suka itu, tapi dia suka yang lain (?) jangan baper!

Iya gitu, masalah selera itu gabisa diperdebatkan. Dan tiap orang punya selera/kesukaan nya masing-masing, ya kan?  Ada yang selera/kesukaannya sama kayak orang lain, ada juga yang beda. Nah kalo udah beda selera/kesukaan, gausahlah didebatin, haha, namanya juga selera masing-masing.
Contohnya nih yaa, daku orangnya ngga sukaaaa baaaaanget nget sama buah duren. Dari kecil sampe sekarang ngga suka buah itu dan ngga pernah makan, bahkan ngga suka baunya (maaf banget buat duren lovers) jadi kalo ada duren selalu tutup idung. Mungkin duren lovers bakalan bilang "duren itu enak baanget ko bisa ngga suka sama duren", tapi ya namanya selera, ya daku dan orangorang yang ngga suka duren juga bakal bilang "ko bisa duren lovers suka baaanget sama duren". Yaudah gimanapun gabakal selesai kalo debatin selera jadi diem aja lah ya.
Bukan cuma selera rasa yang mengacu ke makanan, tapi juga selera musik, fashion, sampe selera cakep-cantik (?) hahahahh. Ya pokonya semua kesukaan deh. Itu mutlak ga bisa didebatin. Didiemin aja hahah. Daan, dihargai juga:)) kalo apa yang disukain orang lain itu hal yang kita gasuka bahkan yang kita benci, ya dibiarin aja, itu kan kesukaan dia, hehehh. Kita sendiri ga suka kan kalo ada orang yang ngehina selera kita? Ya nggak?

Dan ngomong-ngomong soal kesukaan, daku sendiri setahun terakhir ini lagi sukasukanya sama yang berbaubau Korea. Suka dramanya, musik-musiknya, artisnya, variety shownya, de el el. Iya, Rika udah kena virus K-Pop yang beberapa taun terakhir merajalela ngga cuma di Indonesia tapi di seluruh dunia. Bahkan sekarang, sementara nulis ini, lagi dengerin salah satu lagu Korea, hhe.

Hmm. Jadi aku mo cerita aja deh ya gimana bisa suka Korea-Koreaan ini.

Sebenernya dari SMP, pas emang jaman-jamannya musik kpop mulai ngeboom di Indonesia, itu udah tau beberapa lagu-lagu sama boyband-girlband dan suka lagunya, tapi cuma sekedar tau dan suka biasa aja. Pas SMA beberapa temen ada yang fans kpop, tapi waktu itu juga cuma tau dan suka biasa, ngga se-tertarik sekarang lah pokonya. Pas SMA juga kebanyakan mainnya sama tementemen yang sukanya film-film Holywood sama musikmusik barat dan emang sebagian besar temen ngga pada kpop jadi ya ngga ada ketertarikan sama Korea, tapi ngga sampe benci ilfeel gitu, biasa aja. Tapi mulai kelas 2 SMA mulai nonton drama-drama Korea, hahahah, udah mulai gede ceritanya (?) wgwg. Dari situ suka nonton drama Korea, tapi baru dramanya aja. Beberapa temen yang ngga fans kpop juga kalo drama masih pada nonton.

Singkat cerita semuanya berawal dari pas mulai nonton variety-variety shownya korea, terus keseringan, terus makin banyak kenal artis-artisnya, lamalama suka deh. Jadi suka boygroup girlgroup nya, jadi suka musikmusiknya, jadi suka melajarin bahasanya, banyakk lah hahah. Ya gitulah pokonya. Jujur ini kesukaan yang daku temuin sendiri tanpa dapet dari orang lain. Dari SMP-SMA, apa yang sering didengerin/ditonton/disukain sama temen-temen, karna daku kemana-mana sama mereka, daku jadi suka keikutan selera mereka. Musik apa yang mereka dengerin, film apa yang mereka tonton, hal-hal yang mereka suka, daku cenderung kebawa sama mereka. Tapi kalo selera yang ini daku temuin sendiri.

Sekali lagi ini masalah selera, jadi saling menghargai selera aja yaa:)) soalnya berdasarkan pengalaman pribadi nih, daku ada di lingkungan dimana orang-orang nggak familiar sama selera korea-koreaan, dianggap alay lah, pada ngerasa ilfeel lah, bahkan ada yang nggak suka banget sampe benci. Kurang tau juga sih apa alasan orang-orang yang nggak suka bahkan sampe benci itu. Katanya alay ya? Heheheh oke gapapa:)) kan emang tergantung selera:)) Kalo seleranya rika sih emang ini jadi yang nggak suka, yang bilangin alay, yang ilfeel, yang benci, silakan nggak suka, silakan bilang alay, silakan ilfeel dan silakan benci, gapapah:)) Tapi tolong dihargain ya selera kitakita yang suka korea-koreaan ini. Tolong hargai kitanya. Kita juga manusia-manusia merdeka yang punya selera:))

Karna, berdasarkan pengalaman nyata, para kpopers yang ada di lingkungan kpop yang minoritas cenderung malu, takut, dan sembunyi-sembunyi tentang ke-kpop-annya (?) Ya kecuali kalo personality-nya emang orangnya 'bodoamat' yaa. Kenapa kayak gitu? Ya itu, karna orang-orang di lingkungannya, yang nggak suka-ilfeel-menganggap alay-bahkan benci kpop bakal "gimana gitu" sama si yang suka kpop. Ada yang jahat sampe ngejauhin:)) Daku sendiri temen-temen deket paling tau sih kalo aku suka, temen deket ada yang bilang "alaybanget" juga dan waktu itu sempet uhuk nyesek uhuk tapi yaa temen udah deket banget ya jadi nyeseknya ditelen aja hahah. Dan emang bukan selera dia, jadi ya daku biarin aja lah.

Intinya sih ya balik ke quotes tadi, 'masalah selera itu tidak bisa diperdebatkan'. Ini seleraku, itu seleramu. Kalo gasuka seleraku yaudah silakan, kita jalan masing-masing (?) Tapi jangan saling menjatuhkan justru harusnya saling ngehargain:) karna kalo mo saling ngehina, mo saling debat juga ga bakal ada ujungnya, karna emang gabisa didebatin:)) So, tolong hargain selera masing-masing orang yah,, ini juga pelajaran buat daku kok, ya gitu deh ya hahahah.

annyeong! bye!

No comments:

Post a Comment