Sunday, April 8, 2012

FILOSOFI HIDUP

kata orang fisika, hidup itu seperti batu yang diputar menggunakan tali secara vertikal. terkadang ia berada di atas, dan tegangan talinya lemah. terkadang juga berada di bawah, dan tegangan talinya kuat.

kata orang geografi, seperti teori big bang. dari sebuah titik kecil yang semakin lama berekspansi dan  membesar hingga menjadi alam semesta.

kalau kata orang kimia, seperti atom oksigen. bila menyatu dengan atom hidrogen, ia menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat. bila menyatu dengan atom karbon, ia akan sangat mencelakakan.

kata orang sosiologi, dalam hidup ini tak ada yang bisa menjalani dengan sendiri. semua pasti butuh sosialisasi dengan orang lain.

kata orang seni, hidup itu seperti kanvas. kadang dominan warna biru, kadang kuning, hijau, ungu, jingga, bahkan bisa juga penuh warna. tapi, ia juga bisa ternodai oleh warna hitam kelam.

kalau kata orang sastra, hidup itu banyak artinya. butuh banyak huruf, kata, prosa, bahkan kalimat untuk menafsirkannya.

kata orang matematika, seperti sebuah pertidaksamaan. karena jalan hidup setiap orang pasti berbeda. tak sama satu sama lain.

kata orang biologi, seperti seekor aurelia aurita. ada saatnya ia hidup bebas, berenang dalam wujud medusa. ada pula saat dia berdiam dalam wujud polipnya.

itu filosofi hidup menurut mereka. bagaimana menurutmu?

No comments:

Post a Comment