Thursday, November 12, 2015

I Love You Daddy!



Sebenernya sebelum hari ini, sebelum liat timeline yang rame sama dan postingan-postingan tentang ini, sama sekali nggak pernah tau kalo ada hari ayah nasional, taunya hari ibu doang.---. Dan sebenarnya aku juga masih nggak ngerti untuk apa "hari ayah" "hari ibu" dan hari hari lainnya yang ada 'hari'nya itu (?) Kalau hari pahlawan kan untuk memperingati jasa para pahlawan ya, kalo hari ayah/ibu untuk memperingati ayah/ibu masa? hhe, ya kalo ayah/ibu diingetnya cuma setaun sekali subhanallah durhaka kamu nak, astagfirullah, naudzubillahimindzalik!

Tapi, kalo diperhatiin aku belum pernah sekalipun cerita tentang papaku di blog ini. Mama udah pernah, temen-temen malah lebih sering, adek nggak pernah juga sih tapi nggak usah lah mereka wgwg, ntar aja pankapan lah kalo inget *astagfirullah
  
Jadi aku mau ngeshare, broadcast yang aku dapet dari share-an orang di timeline. Aku nggak tau siapa penulis aslinya, ini tulisan dateng dari mana, entahlah, jadi maafin nggak bisa nyantumin nama penulis/asal/identitas/apalah itu namanya. Sering banget tulisan ini muncul di timeline dan aku nggak pernah berani baca karna takut mewek sampe akhirnya pas Ica, temen SMA-ku nge-share, aku baca juga tulisannya. Dan apa? baru banget kalimat pertama (bukan judul) mata udah basah-__-


RAHASIA BESAR SEORANG AYAH YANG TIDAK DIKETAHUI SEORANG ANAK BAHKAN SETIAP ANAK DI DUNIA.

Mungkin ibu lebih kerap menelpon untuk menanyakan keadaanku setiap hari, tapi apakah aku tahu, bahwa sebenarnya ayahlah yang mengingatkan ibu untuk menelponku?

Semasa kecil, ibukulah yang lebih sering menggendongku.Tapi apakah aku tau bahwa ketika ayah pulang bekerja dengan wajah yang letih ayahlah yang selalu menanyakan apa yang aku lakukan seharian, walau beliau tak bertanya langsung kepadaku karena saking letihnya mencari nafkah dan melihatku terlelap dalam tidur nyenyakku.

Saat aku sakit demam, ayah membentakku “Sudah diberitahu, Jangan minum es!” Lantas aku merengut menjauhi ayahku dan menangis didepan ibu. Tapi apakah aku tahu bahwa ayahlah yang risau dengan keadaanku, sampai beliau hanya bisa menggigit bibir menahan kesakitanku.

Ketika aku remaja, aku meminta izin untuk keluar malam. Ayah dengan tegas berkata “Tidak boleh! ”Sadarkah aku, bahwa ayahku hanya ingin menjaga aku, beliau lebih tahu dunia luar, dibandingkan aku bahkan ibuku? Karena bagi ayah, aku adalah sesuatu yang sangat berharga. Saat aku sudah dipercayai olehnya, ayah pun melonggarkan peraturannya.

Maka kadang aku melanggar kepercayaannya. Ayahlah yang setia menunggu aku diruang tamu dengan rasa sangat risau, bahkan sampai menyuruh ibu untuk mengontak beberapa temannya untuk menanyakan keadaanku, ”dimana, dan sedang apa aku diluar sana.”

Setelah aku dewasa, walau ibu yang mengantar aku ke sekolah untuk belajar, tapi tahukah aku, bahwa ayahlah yang berkata: Ibu, temanilah anakmu, aku pergi mencari nafkah dulu buat kita bersama.

Disaat aku merengek memerlukan ini – itu, untuk keperluan kuliahku, ayah hanya mengerutkan dahi, tanpa menolak, beliau memenuhinya, dan cuma berpikir, kemana aku harus mencari uang tambahan, padahal gajiku pas-pasan dan sudah tidak ada lagi tempat untuk meminjam.

Saat aku berjaya. Ayah adalah orang pertama yang berdiri dan bertepuk tangan untukku. Ayahlah yang mengabari sanak saudara, ”anakku sekarang sukses.” Walau kadang aku cuma bisa membelikan baju koko itu pun cuma setahun sekali. Ayah akan tersenyum dengan bangga.

Dalam sujudnya ayah juga tidak kalah dengan doanya ibu, cuma bedanya ayah simpan doa itu dalam hatinya. Sampai ketika nanti aku menemukan jodohku, ayahku akan sangat berhati – hati mengizinkannya.

Dan akhirnya, saat ayah melihatku duduk diatas pelaminan bersama pasanganku, ayahpun tersenyum bahagia. Lantas pernahkah aku memergoki, bahwa ayah sempat pergi ke belakang dan menangis? Ayah menangis karena ayah sangat bahagia. Dan beliau pun berdoa, “Ya Alloh, tugasku telah selesai dengan baik. Bahagiakanlah putra putri kecilku yang manis bersama pasangannya.

”Pesan ibu ke anak untuk seorang Ayah”

Anakku..

Memang ayah tidak mengandungmu,
tapi darahnya mengalir di darahmu, namanya melekat dinamamu …
Memang ayah tak melahirkanmu,
Memang ayah tak menyusuimu,
tapi dari keringatnyalah setiap tetesan yang menjadi air susumu …

Nak..

Ayah memang tak menjagaimu setiap saat,
tapi tahukah kau dalam do’anya selalu ada namamu disebutnya …
Tangisan ayah mungkin tak pernah kau dengar karena dia ingin terlihat kuat agar kau tak ragu untuk berlindung di lengannya dan dadanya ketika kau merasa tak aman…

Pelukan ayahmu mungkin tak sehangat dan seerat bunda, karena kecintaanya dia takut tak sanggup melepaskanmu… Dia ingin kau mandiri, agar ketika kami tiada kau sanggup menghadapi semua sendiri..

Bunda hanya ingin kau tahu nak..
bahwa…
Cinta ayah kepadamu sama besarnya dengan cinta bunda..
Anakku…
Jadi didirinya juga terdapat surga bagimu… Maka hormati dan sayangi ayahmu.

THANKS DAD:)

 

Demiapah ini benerbanget kejadian di aku T.T  Perlu diketahui aku setiap hari ditelpon, rata-rata dua kali sehari. Telpon pertama pas pagi sebelum kulaih nanyain 'kuliah masuk jam berapa?' 'mo sarapan dimana?' 'nanti kuliah pulang jam berapa?' ya sekitar itu sih. Telpon kedua itu pas sore, nanyain 'sekarang dimana? kuliah dah selesai?' 'makan malam nyari dimana?' dan biasanya dibumbuin cerita-cerita tentang di rumah, mama lagi apa, papa gimana, si Arip kenapa, de el el. Tapi hampir semua telpontelpon itu yang ngobrol sama aku adalah mama. Bahkan kalo telpon pake nomor papa, itu ngobrolnya sama mama. Dan beberapa kali mama pernah nyebutin kalo papa yang ngingetin mama buat telpon aku:""" *aku mewek lagi nulis ini* *berenti sebentar*

Selama ini aku pikir mama yang paling khawatir sama anak-anaknya. Tapi dibalik kekhawatiran mama ada papa yang nggak kalah khawatirnya, yang cuma nanyain anak-anaknya lewat mama.

Aku, anak perempuan pertama dan satu-satunya. Kata mama dulu waktu pertama kali papa tau mama hamil, papa selalu berdoa biar dikasih anak perempuan, katanya pengen liat anaknya pake jilbab (abis anak pertama kayanya papa nggak pernah doa biar dikasih anak peremuan lagi karna abis itu mama ngelahirin anak laki-laki terus). Dan beneran, dari kecil aku selalu dimasukin ke sekolah islami yang seragamnya pake jilbab, pernah sekali masuk TK negeri yang seragamnya rok pendek, dan ga pake jilbab, aku tetep pake, entah aku dulu bikin seragam sendiri atau pakenya seragam cowok (?) pokonya tetep pake jilbab. Sekarang aku baru sadar kenapa papa pengen anaknya pake jilbab, papa ngelindungin aku dengan cara seperti ini:"")))

Waktu aku kecil dulu, sebelum aku punya ade, aku selalu dibawa sama papa kemana-mana. Tapi makin aku gede, aku makin nggak deket sama papa. Nggak tau sejak kapan, papa jadi sosok orang yang aku takutin. Ya itu, kalo aku salah papa selalu marah dan aku lari ke mama. Padahal papa sebenernya sayang:") Makanya sampe sekarang aku nggak begitu banyak berbagi 'langsung' sama papa, seringnya lewat mama, walaupun rasa 'takut' yang dulu itu udah nggak ada. Astagfirullah:(((( Padahal aku anak papa dan papa ayah aku tapi ya begitulah hubungan anak-ayah antara aku sama papa :"" Kadang aku iri sama temen-temen yang kayaknya deket banget sama papanya, tapi yaa, hhehe aku juga bingung kenapa bisa gini jadinya. Tapi papa aku tetep papa aku. Setelah aku pikir-pikir ya begini cara papa sayang aku dan nggak ada yang perlu aku iri-in dari orang lain karna papa aku papa yang paling KEREN seduniaaaaaa!

*banjir air mata* *break lagi*

Pas SMP, aku mulai merantau, cuma mama sama adek-adek yang nganterin aku pertama kali ke jogja. Papa tinggal di rumah. Aku nggak tau dulu papa alasannya apa, mungkin karna ada yang nggak bisa ditinggal, tapi juga ntar ongkosnya akan lebih mahal lagi sih (lagian sekolah jauh amat sampe ke jogja, wg). Dan pernah sekali, pas aku udah dipercayai buat naik pesawat tanpa didampingi, mama gabisa nganter ke bandara karna ada kegiatan yang bener-bener gabisa ditinggal jadi aku dianter papa. Walopun udah dua tahun merantau tetep aja abis liburan mau balik ke tempat rantauan itu rasanya berat banget, disitu aku meluk papa erat-erat! Sedih banget pas itu:"

Pas aku kuliah ini, rasanya tiap aku minta apapun papa selalu kasih :"""" rasanya jarang banget aku minta duit karna belum dikirim, selalu dikirimin sebelum duit abis:""" bahkan pulsa pun selalu dikirimin:""""

Dan papa, orang yang selalu bangga-banggain anaknya. Papa selalu cerita ke temen-temen papa aku sekolah SMP dimana, SMA dimana, kuliah dimana dan jurusan apa. PAPA SELALU CERITA ITU DAN PAPA SELALU BANGGA. Padahal sebenarnya aku belum bisa kasih apa-apa. Aku bukan anak yang berprestasi. Aku anak yang biasa-biasa aja. TAPI PAPA SEBANGGA ITU:"""""

Aku anak perempuan satu-satunya. Nanti papa cuma akan nerima lamaran orang sekali:") yang pastinya papa bakalan hati-hati banget:") Beberapa menit lalu barusan baca quotes bunyinya gini "Pernikahan anak perempuan itu momen tersedih sekaligus terbahagia buat seorang ayah" Dan aku nggak kebayang nantinya gimana hhehe aku nggak ada maksud apapun tentang ini, dan bukan juga artinya aku dah pengen nikah atau apapun yaa. Hanya mohon doanya, semoga sampe saatnya tiba, papa selalu diberi kesehatan:"))

Dear Papa.. Maaf dan terimakasih buat semuanya. Buat semuanya. Saking banyaknya "semua" itu sampe nggak bisa disebutin satu-satu. Doakan Rika sukses belajar "ilmu gizi" nya biar bisa rawat papa biar diabetesnya nggak makin parah:") Sehat terus ya pa:)) Barakallah.


I Love You, Daddy:")



ps : ini gatau kenapa tampilannya jadi kaya gini, jujur udah berkalikali diedit gabisa bener:(( jadinya nyerah. yaudahlah

No comments:

Post a Comment